Tanda-Tanda Atau Ciri-Ciri Isim (Kata Benda) Dalam Bahasa Arab –Belajar Nahwu


Sebagaimana kita ketahui bawasanya struktur dalam bahasa arab itu di bagi menjadi tiga bagian, yakni isim, fi’il dan huruf. Isim dalam belajar bahasa arab di sebut juga dengan “kata benda”, “Sesuatu yang di namakan” ataupun “nama”. Jadi, misalkan sesuatu yang memiliki nama itu termasuk kata ism/kata benda. Misalnya seperti laptop, meja, fatimah, jakarta, rumah dan masih banyak lagi. 
Didalam bahasa arab tentunya sangat sulit kita kenali mana isim, mana fiil, dan mana fiil Bagi kita yang belum banyak hafal mufrodhat. Namaun kata-kata isim ini memiliki ciri-ciri tersendiri sehingga kita bisa mengetahui bawasanya itu adalah kalimat isim. Sehingga dengan kita mengetahui ciri-ciri kalimat tersebut dalam menganalisa sebuah kalimat sudah dapat di ketahui. Berikut merupakan ciri-ciri isim yang wajib kita ketahui.

1. Di awali dengan Alif lam ( ال )
Semua bentuk kata-kata dalam bahasa arab yang di awali alif lam termasuk merupakan isim. Jadi mudah kan mengenalinya? Kita lihat saja seperti contoh:
القرأن, الكتاب, المدرسة, البيت
Semuanya berawal alif lam kan, itu lah salah satu ciri-ciri kata isim. 

2. Bertanwin 
Semua kata-kata dalam bahasa arab yang di akhiri harokat tanwin (baik berupa dhomah tain, fathah tain dan kasroh tain) maka sudah pasti itu merupakan kalimat/kata isim. Seperti contoh 
بَيْتٌ, قَلَمٌ, كِتَابٌ, مَدْرَسَةٌ, كُرْسِيٌ
Semua yang bertanwin seperti contoh di atas merupakan kalimat/kata ism. 
Pengetahuan tambahan: Dalam ilmu nahwu terdapat dua kaidah dalam pembuatan kalimat isim yakni jika di awali dengan alif lam maka tidak boleh berharokat tanwin, begitu juga sebaliknya. Jika berharokat tanwin maka tidak boleh menulis di awali alif lam, seperti contoh kata كتأب, مدرسة  di atas. Pembahasan ini di bahas dalam bab isim ma’rifah dn isim nakirah.

3. Di awali huruf-huruf khofad/jar
Jika suatu kata/kalimat yang di dahului dengan huruf jar maka kalimat tersebut berupa kalimat isim. Huruf jar/khofad yakni ada 9 yaitu من، إلى، عن، على، في, رب، الباء، الكاف، اللام
Jadi, jika menemukan sebuah kalimat yang diawali dengan huruf-huruf di atas maka itu merupakan kalimat isim. Contohnya seperti:
فِى البَيةِ, مِنَ المَدْرَسَةِ, على الكرسى

Demikian saya tuliskan beberapa ciri-ciri isim dalam mengenal sebuah kalimat berbahasa arab. namun perlu di ketahui yang saya tuliskan di atas merupakan ciri isim yang secara umum. Ada beberapa ciri isim lagi yang lebih khusus di antaranya yakni kemasukan kalimat sumpah, dan huruf-huruf khofad/jar.
Untuk para penuntut ilmu bahasa arab perlu juga mengetahui pembagian-pebagian jenis isim dalam bahasa arab, yakni isim berdasarkan jumlah (mufrod, mutsanna, jamak), berdasarakan jenis (muannas, mudzakar), isim m’rifah, isim nakirah, munshorif, ghoiru munshorif dan lain sebagainya. 
Demikian tulisan ini, jazakallh khairan semoga bermanfaat untuk kita semua...

0 Response to "Tanda-Tanda Atau Ciri-Ciri Isim (Kata Benda) Dalam Bahasa Arab –Belajar Nahwu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel