MENGENAL FI'IL (KATA KERJA) DALAM BAHASA ARAB - Belajar Nahwu


Dalam bahasa Arab unsur dalam sebuah kalimat itu di bagi menjadi tiga bagian yaitu isim (kata benda),  fiil (kata kerja), dan huruf (kata penghubung, sambung). Pada umumnya juga dengan bahasa-bahasa lain seperti, Verb (kata kerja dalam bahasa inggris), dan Nouns (kata benda dalam bahasa inggris). 
Pada artikel kali ini penulis akan menjelasakan dari salah satu unsur kalimat dalam bahasa arab tadi, yaitu  fiil
Fiil pada umumnya di kenal sebagai kata kerja, misalnya seperti قَرأَ  (Membaca), كَتَبَ (Menulis), نَصَرَ (Menolong) dan lain sebagainya. Dalam bahasa arab, kata kerja (fiil) ini di bagi menjadi tiga, yaitu:

Fi'il madhi (الْفِعْلُ الْمَاضِي)

Fiil madhi memiliki arti kata kerja yang sudah di lakukan. Atau sering kita dengarnya adalah kata kerja masa lampau. Fiil madhi ini mengandung arti telah melakukan, contohnya:

نَصَرَ (dia telah menolong)
ضَرَبَ (dia telah memukul)
كَتَب (dia telah menulis)
Dan masih banyak lagi. 

Kenapa ada kata dia?, Sebenernya itu adalah sebuah artinya yang terperinci, nanti dala bab-bab selanjutnya akan di bahas (bab dhomir), yang mana pembahasanya berisi tentang menunjukkan dia  dia laki-laki 1, dia perempuan, dia perempuan banyak, dan masih banyak lagi (ada 14). Ini saya jelaskan yang yang mungkin menimbulkan sebuah pertanyaan, (untuk yang bener-bener pemula), untuk sementara ini jangan fikirkan itu terlebih dahulu. 
Contoh dalam sebuah kalimat yang mengandung fiil madhi adalah:
كَتَبَ مُحَمدٌ كِتَابًا  = Muhammad (dia laki-laki 1) telah menulis buku
Kata كتب  itulah yang di namakan fiil madhi.
Faham ya dengan di atas...


Fiil mudhori (الفعل المضارع)

Kemudian pembagian fiil yang kedua adalah fiil mudhori. Maksud dari fiil mudhori adalah sebuah kata kerja yang mengandung arti sedang atau akan di lakukan. Contohnya,

 يَنصُرُ (dia sedang/akan menolong)
يَضْرِبُ (dia sedang/akan memukul)
يَكْتُبُ  (dia sedang/akan menulis)

Dalam fiil mudhori ini kan, memiliki arti 2 kata (sedang dan Akan). Nah trus bagaimana cara mengetahui itu mengandung arti sedang atau akan? Semuanya itu tergantung konteks (sebuah kalimat) jika kalimat itu lebih pantas di artikan "sedang melakukan" makan di artikan "sedang melakukan" tapi jika lebih pantas di artikan "akan melakukan" maka di artikanlah seperti itu.
Contoh fiil mudhori dalam sebuah teks adalah:

 ياءْ كُلُ اَحْمَد الرُّزَّ   = Ahmad (dia laki-laki) sedang makan nasi
Kata yang berwarna merah itulah yang di namakan Fi'il Mudhori. 


Fi’il Amr (فِعْلُ الأَمْرِ)

Pembagian fiil yang terakhir yakni fiil Amr. Maksud dari fiil Dari fiil Amr adalah sebuah kata kerja yang mengandung perintah atau kata permohonan atau kata yang menyuruh juga bisa:
Contohnya misalkan:

 اُنْصُرْ   (Tolonglah)
اِضْرِبْ  (Pukullah)
اُكْتُبْ     (Tulislah)

Intinya, dalam fiil Amr ini adalah sebuah kata-kata merintah atau menyuruh, jadi pada umumnya kalau di kaitkan kedalam bahasa indonesia itu ketambahan kata “lah”. Misalkan makanlah, minumlah, tidurlah,  dan lain sebagainya. Tapi tidak semuanya mengikuti bahasa indonesia (tergantung konteknya lagi). Saya misalkan kedalam bahasa indonesia barusan, supaya bisa mempermudah teman-teman untuk memahami. 
Contoh fiil Amr dalam sebuah kalimat seperti

يَا أُمِّ، اُفْعُلْنَ بَطِئَةً  (Wahai ibuku, Bekerjalah dengan pelan-pelan)
Dalam kata yang berwarna merah itulah yang di namakan Fiil Amr

Fiil Amr juga memiliki Dhomir sebagaimana dhomir dalam fi’il Mudhori dan Madhi di atas. Akan tetapi dalam fiil Amr ini hanya meiliki  6 dhomir saja. 
Maksud dan fungsi dhomir dalam fiil Amr adalah untuk menunjukkan kejelasan kepada siapa dan berpa orang yang di perintahkan.
Dalam ilmu nahwu juga ada cara-cara mudah membuat fiil Amr. Kalau di bahasa Indonesianya kan tinggal di tambah kata “lah” di ujungnya. Tapi di dalam bahasa arab ini bisa di buat juga yaitu kita melihat kata kerjanya dulu dari fiil madhi dan mudhori’nya seperti apa, baru kita bisa membuat fiil Amarnya. Untuk cara mudah membuat fiil Amrnya bisa KLIK disini. 

Demikian penjelasan Macam-macam fi’il atau kata kerja dalam bahasa arab semoga dengan tulisan ini bisa di fahami buat pembaca sekalian, khususnya untuk para penuntut ilmu. 
Sekali lagi saya tulisakan dalam blog ini saya tetap usahakan kebenaran dan kevalidan dengan apa yang saya tulis disini. apalagi dalam hal konteks yang menyangkut agama (Baca About). Jadi apabila terdapat sebuah kesalahan atau dasar-dasar yang tidak jelas mohon hubungi penulis (Baca Contact), jika memang tulisan-tulisan dalam blog ini ada yang salah atau kurang valid nanti akan penulis edit kembali.
Sekian, semoga bermanfaat...;)

0 Response to "MENGENAL FI'IL (KATA KERJA) DALAM BAHASA ARAB - Belajar Nahwu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel