ANAK MERASA SULIT DALAM BELAJAR...? BERIKUT CARA MENGATASINYA -Belajar psikologi


Halo sahabat ngajingopi semua, kali ini kita ngaji psikologi yuk. Karena bahas psikologi itu menyenangkan loh hehe. Baik, tema pada artikel kali ini adalah solusi mengatasi anak dalam kesulitan belajar. Sebenernya kesulitan-kesulitan anak yang susah belajar memiliki beberapa faktor, baik dari faktor internal dan eksternal. Dalam mengatasi seorang anak yang sulit belajar itu cukup lumayan sulit. Sebagaimana dalam artikel ini saya ambil dari sumber-sumber dari buku ilmiah, jadi sedikit agak sulit di fahami buat pembaca umum khususnya, karena bahasanya terkesan bahasa ilmiah. Baik, langsung saja berikut tahapan cara mengatasi anak kesulitan dalam belajar.

1.Pengumpulan Data
Fungsi pengumpulan data adalah untuk menemukan sumber penyebab kesulitan belajar itu sendiri, dan pengumpulan data ini diperlukan banyak informasi dari anak tersebut. Untuk memperoleh informasi perlu diadakan pengamatan langsung terhadap objek yang bermasalah. Teknik yang digunakan bisa berupa observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Ketiganya saling melengkapi
dalam keakuratan data.

2. Pengolahan Data
Data yang telah terkumpul tidak akan ada artinya jika tidak diolah secara cermat. Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam rangka pengolahan data adalah sebagai berikut:
  •  Identifikasi kasus
  •  Membandingkan antar kasus
  •  Membandingkan dengan hasil tes
  •  Menarik kesimpulan

3. Diagnosis
Diagnosis adalah keputusan mengenai hasil dari data yang di peroleh. Diagnosis dapat berupa hal-hal berikut:
  • keputusan yang mengukur berat atau ringanya kadar kesulitan yang di alami anak dalam belajar.
  • Keputusan mengenai faktor-faktor yang ikut menjadi sumber penyebab kesulitan belajar anak didik.
  • Keputusan mengenai faktor utama yang menjadi sumber penyebab kesulitan belajar anak didik.


4. Prognosis
Dalam prognosis dilakukan kegiatan penyusunan program dan penetapan ramalan mengenai bantuan yang harus diberikan kepada anak untuk membantunya keluar dari kesulitan belajar. Dalam penyusunan program tersebut dapat menggunakan rumusan 5W + 1H. Tahukan 5W+1H? hehe

5. Treatment
Treament adalah perlakuan. Bentuk treatment yang mungkin dapat
Diberikan. Dengan kita memberikan treatment ini kita bisa mencoba melakukan hal-hal yang mungkin membuat anak itu bisa kembali menerimpa pelajaran. Bentuk Treament yang dapat kita berikan adalah:
  • Melalui bimbingan belajar individual.
  • Melalui bimbingan belajar kelompok.
  • Melalui remedial teaching untuk mata pelajara tertentu.
  • Melalui bimbingan orang tua di rumah.
  • Pemberian bimbingan pribadi untuk mengatasi masalah-masalah psikologis.
  • Pemberian bimbingan mengenai cara belajar yang baik secara umum.
  • Pemberian bimbingan mengenai cara belajar yang baik sesuaidengan karakteristik setiap mata pelajaran.

6. Evaluasi
Evaluasi disini dimaksudkan untuk mengetahui apakah treatment yang telah diberikan berhasil dengan baik atau belum. Dengan evaluasi ini kita dapat menilai dengan apa yang sudah di coba namun perlu banyak yang kurang (misal). Dengan itu kita bisa menemukan hal-hal yang cocok untuk di berikan kepada anak tersebut sesuai kadar watak kebiasaan anak tersebut. Dengan evaluasi ini juga kita bisa melihat apa yang perlu di perbaiki dengan apa yang telah di berikan kepada anak tapi belum berhasil.
Baik teman-teman berikut merupakan tahapan-tahapan cara mengatasi anak kesulitan dalam belajar. Perlu di ketahui lagi, bawasanya memahami psikolog atau watak seseorang itu lumayan sulit. Jadi dengan cara di atas merupakan sebuah cara yang ilmiah yang mungkin sudah di teliti oleh pakar-pakar psikologi. Kita sebagai umat beragama juga perlu banyak berdoa juga buat anak-anak didik kita, mungkin dengan salah satu doa dari orang tualah bisa menjadi jalan buat anak itu bisa menjadi lebih baik. 
Sekian terimakasih, semoga bermanfaat...:)

0 Response to "ANAK MERASA SULIT DALAM BELAJAR...? BERIKUT CARA MENGATASINYA -Belajar psikologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel