Tujuan mempelajari psikologi belajar


Tujuan mempelajari psikologi belajar atau di sebut juga dengan ilmu kejiwaan adalah guna untuk proses berlangsungnya dalam belajar berjalan dengan baik dan maksimal. Terdapat banyak faktor-faktor yang mempengaruhi (khususnya pada anak) yang menghambat proses belajar dengan baik.
Adanya ilmu kejiwaan dapat merubah pandangan pola fikir manusia dahulu dengan sekarang. Misal, dulu orang yang gila di anggap kemasukan setan. namun kini dengan berkembangnya pengetahuan bawasanya orang gila tersebut dapat di pelajari dengan logika ilmiah yakni di pelajari di ilmu kejiwaan. Hal ini tentu juga ada kaitanya dengan pendidikan. bagaimana kita memahami jiwa seorang murid, kebiasaan seorang murid dan cara-cara kita menanggapinya.
Secara garis besar, guna mempelajari ilmu kejiwaan adalah:


  1. Untuk memperoleh faham tentang gejala-gejala jiwa dan pengertian yang lebih sempurna tentang tingkah laku sesama manusia pada umumnya dan anak-anak pada khususnya.
  2. Untuk mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa sebagai sarana untuk mengenl tingkah laku manusia untuk anak.
  3. Untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan dengan baik.  

Dari garis besar di atas sudah dapat kita simpulkan bawasanya, manfaat kita mempelajari psikologi belajar adalah dapat memahamai gejala-gejala yang terjadi pada siswa, bisa mengetahui watak perbuatan pada siswa dan kita bisa menyelnggrakan sebuah pendidikan dengan baik.

Garis besar artikel di atas saya cuplik dari sebuah buku yang berjudul Psikologi belajar yang di tulis oleh abu ahmadi dan widodo supriono. semoga dengan tulisan ini bisa menambah manfaat dan wawasan buat sahabat semua.

0 Response to "Tujuan mempelajari psikologi belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel