TIPS-TIPS SEHAT MENJALANKAN IBADAH PUASA DI BULAN RHAMADHAN



Bulan suci rhamadan sebentar lagi telah tiba. Tak terasa Tinggal menghitung hari lagi untuk berjumpa denganya. Kita di wajibkan untuk Berpuasa menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Selain untuk menambah keimanan ternyata banyak memilki manfaat lho dalam tubuh kita. Dengan catatan jika di lakukan dengan baik dan benar. Nah, berikut tips-tips sehat dalam menjalankan ibadah puasa.

OLAHRAGA RINGAN

Siapa nih yang masih males-malesan olahraga? Hayo... biasakan berolahraga ya. Walaupun di bulan rhamadahn tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga. Akan tetapi perlu di perhatikan juga maksud olahraga dalam menjalani ibadah puasa adalah bukan olahraga berat-berat yang menguras tenaga dan mengeluarkan banyak keringat.
Ada banyak olahraga yang ringan tidak banyak menguras tenaga,  yang terpenting dalam olahraga tersebut adalah tetap menjaga aktifitas tubuh kita tetap sehat dan bugar walaupun dalam keadaan puasa.
Melakuakan olahraga ringan di bulan rhamadan yaitu di lakukan pada saat waktu-waktu yang tepat. Misal, 25-60 menit dengan rutin sebelum berbuka puasa. Biar enggak papa sebentar (25 menit saja misalkan). Asalkan konsisten di lakukan setiap hari itu akan menjadi lebih baik.
Contoh olahraga-olahraga ringan ialah seperti lari santai, renang,  yoga, baree ataupun bersepeda.

JANGAN LUPA MINUM VITAMIN

Dalam kita menjalankan ibadah puasa, tubuh kita biasanya lebih mudah terkena penyakit (berdasarkan ilmu kesehatan), karena kurangnya didapatkan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh kita terpenuhi. Selain kita mengonsumsi sayur-sayuran dan buah. Kita juga perlu minum vitamin agar suatu hal-hal yang di perlukan tubuh dapat kita terpenuhi.
Apalagi vitamin-vitamin sekarang ini sudah banyak sekali  di temukan dan banyak pula bentuk-bentuknya. Tergantung selera kita saja. Dalam multivitamin itu sendiri juga memiliki khaisat-kahsiat kegunaanya masing-masing dalam tubuh kita. karena di dalamnya terkandung zat-zat tambahan yang berbeda-beda misalkan mengandung mineral, kalsium, magnesium yang mana semuanya menyehatkan.
Kita mengonsumsi vitamin di saat bulan puasa cukup sekali saja yaitu pada saat sebelum sahur. Untuk menjaga kesehatan tubuh seharian dalam keadaan puasa.

KURANGI KONSUMSI MAKANAN MANIS

Mengkonsumsi makanan manis memang kurang baik untuk tubuh kita. hal ini di karenakan bisa menimbulkan penyakit-penyakit datang pada tubuh kita, seperti penyakit diabetes, obesitas, hiperglikemia dan penyakit-penyakit lainya.
Apalagi di bulan rhamadan ini banyak sekali makanan-makan atau minuman yang manis-manis nih, yang sering buat ketagihan. Mengonsumsi makanan manis bukanya di larang, akan tetapi di kurangi untuk keseimbangan tubuh kita.

KONSUMSI BUAH DAN SAYURAN

Di atas tadi sudah sedikit di singgung ya, untuk daya tahan tubuh kita dalam menjalani puasa di bulan Rhamadan adalah mengonsumsi buah dan sayur. Sudah tidak asing lagi di dunia kesehatan bawasanya buah dan sayur ini sangat penting peranya untuk tubuh manusia.
Karena pada umumnya di dalam buah dan sayuran ini mengandung serat yang tinggi yang mana salah satunya berfungsi membuat kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu juga sayuran dan buah ini mengandung vitamin dan mineral sebagaimana yang saya katakan di atas tadi.

Nah daripada teman-teman berbuka dengan makan-makanan instan, makan kemasan, gorengan, dan makan yang bahanya di campur bahan kimia tambahan. Alangkah baiknya yukk konsumsi sayur dan buah-buahan saja.

JANGAN LEWATKAN SAHUR

Nah ini sangat penting juga buat kita. dalam menjalankan ibadah puasa pun kita ada aturanya sendiri, makan sahur misalkan. Nabi pun menganjurkan untuk bangun sahur di pagi hari sebelum subuh.
Bangun untuk makan sahur juga  sangat berpengaruh dalam kita berpuasa di siang harinya.
Walaupun makan sahurpun kita di anjurkan makan-makan yang menyehatkan seperti makanan yang mengandung karbohidrat, mengonsumsi smoothies (dengan bahan dasar susu dan pisang), makanan sereal gandum, dan tentunya untuk tambahan makan-makanan buah-buahan. Dangan makanan-makanan tadi ia bisa mengantarkan tubuh kita sampai berbuka puasa.

TIDUR YANG CUKUP

Di dalam bulan rhamadahan sudah jelas waktu tidur kita tepotong oleh jam sahur. Apalagi pada umumnya di bulan puasa ini kebanyakan orang tidur lebih malam pada biasanya. Walaupun begitu jam tidur masih tetap bisa atur untuk menjaga tubuh kita tetap fit. Misalkan tidurlebih awal waktu malam harinya dan tidur pada saat siang hari.
Ada beberapa alasan kenap kita harus tidur yang cukup di saat bulan rhamadhan. Yaitu di diantaranya adalah. Orang yang tidur yang cukup bisa tetap menjaga produktivitas dan performa kerja. Biasanya orang yang merasa lemas muncul di akibatkan jam tidur yang berkurang.

Demikian tips-tips sehat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan rhamadhan. Dalam berpuasa pula, menjaga Kesehatan juga penting. Terasa sia-sia jikalau kita lancar berpuasa akan tetapi badan sakit, justru dalam agam kitapun berpuasa dalam keadaan sakit tidak di perbolehkan. Nah, sangat di sayangkan kan orang-orang di sekitar kita menjalankan ibadah puasa dengan bahagia sedangkan kita sakit.
Semoga bermanfaat...:)

0 Response to "TIPS-TIPS SEHAT MENJALANKAN IBADAH PUASA DI BULAN RHAMADHAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel