Pengertian Ilmu Shorof Secara Rinci Untuk Pemula


Bagi seorang yang ingin memperdalam bahsa arab adalah salah satunya ia harus bisa menguasai ilmu shorof. Dikarenakan ilmu shorof ini adalah salah satu pondasi penting untuk bisa menguasai bahasa arab, selain dalam belajar ilmu nahwu, menguasai mufrodhat dan lain sebagainya. 
Dalam dunia bahasa arab ilmu shorof sangat tidak asing lagi. Begitupun juga di pesantre-pesantren yang secara pasti ada pendalaman bahasa arab (untuk penerjemahan kitab umumnya). ilmu shorof ini sering di anggap  rumit dan susah bagi para pelajar atau siswa yang sedang memperdalamnya. Di karenakan belajar shorof ini sebagian mengadalkan konsentrasi dan ingatan. Tentunya banyak menghafal juga. Tidak sedikit juga orang yang mudah faham jika belajar shorof ini, ini merupakan bukti bahwa ilmu shorof itu lumayan susah.
Lantas apa pengertian ilmu shorof itu? Shorof secara bahasa artinya berubah, sedangkan ilmu shorof menurut istilah merupakan salah satu cabang ilmu dalam bahasa arab yang mempelajari tentang bentuk suatu kata (dalam bahasa arab) dan berubahnya bentuk kat tersebut (bina’), yang mana meliputi jumblah huruf dan harokatnya. 
Adapun pengertian ilmu shorof berdasarkan kitab kailani adalah:

اِعْلَمْ، اََنَّ التَّصْرِيْفَ فِي اللُّغَةِ: التَّغْيِيْرُ، وَفِي الصَّنَاعَةِ: تَحْوِيْلُ اْلأَصْلِ الْوَاحِدِ إِلَى أَمْثِلَةٍ مُخْتَلِفَةٍ لِمَعَانٍ مَقْصُوْدَةٍ لاَ تَحْصُلُ اِلاَّ بِهَا

Ketahuilah, bahwasanya yg dinamakan Tashrif (Sharaf) menurut Bahasa adalah: pengubahan. Sedangakan menurut Istilah adalah: pengkonversian asal (bentuk) yang satu kepada contoh-contoh (bentuk) yang berbeda-beda, untuk (bertujuan menghasilkan) sebuah makna-makna yang dimaksud, (yg mana) tidak akan berhasil tujuan makna tersebut kecuali dengan contoh-contoh bentuk yang berbeda-beda itu".
Dari ilmu shorof inilah kita bisa mngetahui perubahan bentuk kata ke bentuk lainya untuk menghasilkan sebuah makna yang berbeda-beda. 

Contoh:
كَتَبَ   : Tia telah Menulis (fiil madhi)
يَكْتب  : Dia sedang membaca (fiil mudhori)
كِتابًا : Tulisan  (Masdar)

Dari ketiga kata tersebut sudah kita ketahui bahwa satu katapun bisa berubah-ubah harokat dan bentuknya menjadi makna yang berbeda-beda untuk tujuan makna yang berbeda-beda pula. Yang mana dari contoh di atas berasal dari kata dasar “tulisan”. Nah, di situ lah terkadang pusingnya belajar ilmu shorof ini. Diamana ia mengotak-ngatik suatu huruf dalam kata tersebut untuk menjadikan makna-makna yang lain.
Ilmu shorof ini juga sangat erat kaitanya dalam ilmu nahwu. Jadi, jika seseoranng yang ingin memperdalam bahasa arab, misalkan ingin menjadi penerjemah kitab-kitab atau buku-buku yang berbahasa arab. Ia tidak bisa hanya menguasai ilmu shorof saja. Akan tetapi ia harus bisa juga menguasai ilmu nahwunya.  Makanya terkadang dalam belajarpun ilmu shorof dan ilmu nahwu itu sering di kait-kaitkan. Karen ia erat hubunganya. Ada istilah bawasanya santri-santri yang memperdalam bahasa arab itu bahwa “Ilmu shorof adalah ibunya ilmu dan ilmu nahwa adalah bapaknya”.

Namun buat para pelajar atau para penuntut ilmu tidak perlu berkecil hati dan tidak perlu merasa susah dalam belajar bahasa arab. Namun sebenernya ilmu ini itu tidak susah-susah amat. Akan tetapi terkadang orang-orang yang menganggapnya susah. Dan di karenakan belum memiliki niat juga dalam belajar. Jadi belajar nahwu shorof ini buat mereka terkesan susah.
Demikian semoga bermanfaat... :)


0 Response to "Pengertian Ilmu Shorof Secara Rinci Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel