Manfaat Belajar Ilmu Nahwu untuk pemula


Ilmu nahwu merupakan sebuah ilmu yang di anggap rumit bagi seorang pelajar bahasa arab. Ilmu ini di anggap tidak jauh berbeda dengan matematika rumitnya, sama-sama mebuat kepala pusing. 
Inti pokok dalam mempelajari kaidah bahasa arab adalah 40% kita bisa memahami nahwu dan shorof. Yang 60% adalah kita menguasai mufrodhat. 
Lantas mengapa ilmu nahwu itu di anggap penting? Dan apa sih ilmu nahwu itu? Apa sajasi h yang di pelajari itu? Jadi,didalam  ilmu nahwu itu adalah kita mempelajari perubahan-perubahan harokat di akhir kalimat dalam bahasa arab. misalkan kenapa harokatnya menjadi fathah, kenapa harokatnya menjadi kasroh, kenapa harokatnya menjadi Dhomah¸ Dan kenapa harokatnya menjadi Sukun. dan dalam hal ini juga kita di tuntut untuk bisa mengetahui alasan-alasan mengapa harus fathah,dhomah, sukun, dan kasroh. Misalkan, Dalam sebuah kalimat 

بسم ألله الر حمن الرحيمِ

Dalam kalimat bismillahirrahmanirrahimi Tersebut? mengapa huruf mim pada akhir kalimat berharokat kasroh? Nah dengan belajar ilmu nahwu inilah kita bisa mengetahui alasan-alasanya. 
Lalu apa saja yang di pelajari dalam ilmu nahwu itu? Ada 2 hal di dalamnya yang terdapat dalam ilmu nahwu yakni

  • Bagaiman kita menyusun sebuah kata-kata dalam kalimat tersebut, maksudnya mana yang di dahulukan objek, subjek, pelaku dan lain sebagainya. Istilahnya sama seperti kita dalam belajar bahasa indonesia. Yang mana terdapat objek, predikat, dan subjek. Begitu pula dengan ilmu nahwu. Akan tetapi didialam kaidah ilmu nahwu memiliki nama-nama tersendiri seperti muftada, khobar, naat, manut, mafulbih dan lain sebagainya. Dengan kita mnguasai itu jadi kita mengetahui tata letak perkata untuk menyusun sebuah kalimat.
  • Yang kedua adalah sebagaimana kita bahas di atas tadi, kita bisa mengetahui kondisi akhir kalimat, yang mana istilah ini dalam subbab ilmu nahwu di sebut dengan I’rob.

Hal tersebut di perhatikan karena, sebagaimana kita ketahui bawasanya setiap satupun perbedaan haroakat dalam bahasa arab itu sudah mengandung arti yang berbeda.
Dengan kita bisa memahamai atau menguasai ilmu nahwu kita bisa menulis sebuah paragraf-paragraf sebuah kalimat dengan baik berdasarkan kaidah bahasa arab. dan selain itu juga dengan  faham ilmu nahwu kita bisa membaca kitab-kitab yang tidak berharokat sering di sebut juga dengan kitab gundul/kuning. Apalagi yang ingin berprofesi penerjemah tentunya kaidah-kaidah dalam bahasa arab (termasuk ilmu nahwu) juga harus di kuasai, Supaya agar  tidak salah arti.
Namun perlu di ketahui bawasanya untuk kita bisa menguasai kaidah bahasa arab, kita tidak bisa menguasai ilmu nahwu saja. ada ilmu lain yaitu ilmu shororf. Ilmu shorof ini sangat erat kaitanya dengan ilmu nahwu. Jadi jika ingin membaca sebuah kalimat atau menulis kita tidak bisa menganalisa dengan kaidah ilmu nahwu saja. 
Semoga bermanfaat...

0 Response to "Manfaat Belajar Ilmu Nahwu untuk pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel