INI DIA 5 PEKERJAAN YANG MENUNGGU KAMU JIKA KAMU KULIAH DI JURUSAN BAHASA ARAB



Jurusan bahasa arab memeang sekarang ini kurang familiar di kalangan mahasiswa. kususnya kepada siswa yang ingin lanjut ke jenjang perkuliahan, ia merasa ragu dan bingung jika mengambil jurusan bahasa arab. Hal ini sering di temui karena kuliah di prodi bahasa arab itu beranggapan jika sudah lulus sangat sulit mencari lowongan pekerjaan. 

Sebenarnya hal tersebut salah besar. Apalagi yang sudah memiliki modal atau bakat sekolah di lingkungan madrasah (sangat di sayangkan). Pesantren, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliah dan sebagainya. Tentunya di jenjang sekolah seperti itu sudah di kenalkan dengan bahasa arab. Bahasa arab merupakan sebuah bahasa yang sangat penting di kehidupan dunia islam, jika memandang di dunia umumpun, bahasa arab sudah sah termasuk kedalam bahasa Internasional. Namun kenyataanya masih banyak orang yang genngsi menggunakan bahasa arab untuk berbicara. 
Baik berikut pekerjaan-pekerjaan yang menunggu kamu jika kamu kuliah di jurusan bahasa arab:

Menjadi Penerjemah

Tentunya dalam kita kuliah di bahasa asing penerjemah inilah yang tidak mungkin kita tinggalkan sebagai list rencana pekerjaan jika sudah lulus nanti. Apalagi kalian yang suka membaca buku-buku, penerjemah buku inilah yang tidak perlu keluar-keluar pergi ke kantor untuk menerjemahkan sebuah buku (jika tidak di rekrut sebuah perusahaan penerbit). Yang penting kalian cukup memperdalam kosa kata bahasa arab dan memahami bahasa-bahasa arab Amiah yang sering muncul di lingkungan orang arab dan tidak familiar di bangku perkuliahan. 

Melihat potensi ini, penerjemah buku ini cukup menjanjikan juga buat kalian yang ingin menjadi penerjemah. Di karenakan budaya-budaya arab itu erat kaitanya dengan negara kita yaitu Indonesia. Seperti sastra-sastra arab yang masih banyak di minati masyarakat Indonesia. Coba kalian lihat buku-buku jalaludin rumi, dengan kata-kata sastranya yang menawan. Tentunya tidak akan berubah menjadi bahasa indonesia jika tidak ada yang menerjemahkan.

Menjadi Penulis

Maksudnya adalah menulis buku-buku. profesi menjadi penulis buku juga cukup menjanjikan. bisa juga menulis buku-buku menunjang pendidikan. misalnya menulis buku-buku nahwu, wawasan tentang shorof dan lain sebagainya. Buku-buku tersebut banyak di cari oleh para pelajar bahasa arab. Di karenakan pelajaran-pelajaran bahasa arab cukup sulit di fahami sehingga dari buku-buku yang kualitasnya bagus itulah yang di cari oleh pelajar.

Menulis juga tidak hanya tentang pelajaran, kalian juga bisa menulis puisi, novel dan sastra-sastra lainya yang berbahasa arab. Perlu kalian ketahui lho. Orang yang pandai merangkai kata, membuat quotes berbahasa arab itu terlihat keren di mata orang. 
Selain itu juga profesi menulis ini tidak terikat waktu dan tempat. Sehingga kalian bisa menulis kapan saja dan semau kalian.

Tour guide atau pemandu wisata 

Memiliki skill berbicara bahasa arab profesi ini sangat menjanjikan juga buat kalian. Menjadi pemandu wisata bagi para turis-turis dari timur tengah  sangat di butuhkan. Apalagi ikon di negara kita ini soal pariwisata sudah di kenal dunia juga. Walaupun turis-turis dari timur tengah yang berlibur di indonesia masih bersklala kecil.

Bisnis Tour Travel umroh

Bisnis ini sangat menggiurkan di zaman sekarang. Apalagi kalian yang mempunya modal pengetahuan bahasa arab dan ilmu agama. Dengan itu anda bisa sangat mudah mengatur kariawan-kariawan yang  kalian pimpin. Di karenakan sudah meiliki modal ilmu pengetahuan. 
Dengan umat islam yang banyak di indonesia. bahkan akhir tahun-tahun terakhir ini sudah mencapai satu juta jamaah umroh pertahun yang pergi ke kota suci. dengan naiknya trafik tersebut bisnis ini banyak di di incar oleh orang-orang lho.

Guru atau dosen

Memiliki kemampuan di bidang bahasa arab apalagi kuliah sudah mencapai S2. Menjadi dosen bahasa arab merupakan pilihan yang tidak bisa di tinggalkan lagi. Apalagi kuliah di bagian prodi Pendidikan bahasa arab. Di karenakan kuliah di pendidikan bahasa arab memang  sudah di ajarkan cara mendidik sisiwa, cara-cara mengajar dan lain sebagainya. Dengan ini bisa menjadi bekal nanti jika sudah lulus dan mengajarkan lagi kepada muridnya. 

Banyak sekolah-sekolah dan universitas-universitas yang kekurangan guru atau dosen bahasa arab sekarang ini. bukan tidak ada, akan tetapi kurangnya pengajar yang di dalam ahlinya mengajarkan bahasa  arab kepada muridnya. Sehingga apa yang di ajarkan kepada siswa siswi apa adanya yang di ketahu guru tersebut. 

Demikian beberapa prospek pekerjaan jika kalian ingin kuliah di bagian bahasa arab. Intinya tidak perlu khawatir dan tidak perlu ragu, bawasanya bahasa arab ini adalah bahasa yang sangat penting kita ketahui apa lagi kalian adalah beragama islam. Jangan lupa niatkan menuntut ilmu Karena Allah SWT di usahakan kalau bisa jangan memikirkan pekerjaan terlebih dahulu. Penulis sangat meyakini, tidak akan rugi kalian kuliah walaupun di jurusan bahasa arab. Demikian semoga bermanfaat...


0 Response to "INI DIA 5 PEKERJAAN YANG MENUNGGU KAMU JIKA KAMU KULIAH DI JURUSAN BAHASA ARAB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel