ALASAN KULIAH JURUSAN BAHASA ARAB

Alasan kenapa kuliah di jurusan bahasa arab?

Assalamualaikum Wr Wb

Halo kawan-kawan, apa kabarnya hari ini ;) semuga sehat selalu ya. Kali ini penulis ingin membagikan sebuah artikel sebuah alasan  teman-teman itu kuliah di jurusan bahasa arab. Perlu teman-teman ketahui bawasanya penulis merupakan salah satu mahasiswa bahasa arab lho. Jadi isi artikel ini tidak jauh dari sekedar bagi pengalaman apa yang telah penulis lalui. 
Sebagaimana kita ketahui bawasanya jurusan bahasa arab merupakan jurusan yang kurang di minati calon mahasiswa. Hal itu di karenakan ada yang menganggap susah, ada yang menganggap gak ada peluang pekerjaan dan lain sebagainya.  Sebenernya hal itu salah besar loh. Makanya baca sampai habis yaa artikel ini
Jika ada yang bertanya: Mengapa ngambil jurusan bahasa arab kak? 
Berikut ya Alasa penulis kuliah di jurusan bahasa arab.

Bahasa arab merupakan bahasa Al-quran 

Nah ini yang paling utama nih, apalagi kita adalah sebagai umat muslim. Ummat muslim yang baik itu harus mengerti bahasa arab dong. Orang kitabnya saja berbahasa arab. Perlu teman-teman ketahui, kalau kita mahir dalam bahasa arab. Kita pasti akan mudah memahami Pembahasan-pembahasan Al-Quran Hadis dan lain sebagainya. Kita tidak perlu susah-susah membawa buku penerjemah Alquran. Ibaratnya kita sambil Tadarusan/Membaca Alquran. Kita sudah dapat meraba maknanya dan bisa memahami isi kandunganya.

Bahasa arab merupakan Ilmu Alat

Kita sebagai umat muslim saya rasa belum sempurna jika tidak tahu sama sekali tentang bahasa arab. Apalagi buat tema-teman yang ingin memperdalam ilmu agama sepeti fiqih, tauhid, tafsir, hadis dan lain sebagainya. Mengapa saya katakan Bahasa arab adalah sebagai Ilmu alat? Di karenakan kitab-kitab asli yang mempelajari Islam itu kan berbahasa arab. Lalu dengan kita bisa bahasa arab, maka kita bisa dengan mudah memahami kitab-kitab tersebut tanpa mencari-cari terjemahanya. Jadi bahasa arab ini adalah sebuah alat kita untuk mempelajari perdalam ilmu agama.

Bahasa arab adalah pelajaran yang menantang

Mengapa saya katakan ini? Hmmmm... coba saja teman-teman bertemu dengan bahasa arab. Pasti perasaanya duh sulit banget, susah di fahami dan lain sebagainya. Memang demikian, saya sendiri pun begitu. Belajar nahwu shorof saja tidak kunjung faham-faham. Tapi dengan ini bisa saya jadikan motivasi karena jika kita bisa bahasa arab kita termasuk orang keren menurut saya. Karena bahasa arab itu termasuk kategori pelajarn yang susah di pelajari. 

Bahasa arab adalah bahasa yang paling kaya

Ini yang saya suka, bahasa arab itu termasuk bahasa yang paling kaya loh di banding bahasa-bahasa lainya di bumi ini. walaupun dengan bahasa inggrispun. Kok gitu kak, di mana letak kayanya?. jadi ini contohnya, dalam bahasa arab itu terdapat sebah materi yang namanya dhomir, nah dhomir ini di bagi menjadi 14 kata. Contohnya kamu, kamu laki-laki satu, kamu laki-laki banyak, dia, dia laki-laki satu, dia laki, laki banya, dia perempuan, dia permpuan banyak. Dan masih banyak lagi (Ada 14). Nah disinlah salah satu letak kekayaan bahasa arab yang tidak di milki oleh bahasa-bahasa lain. Dan dengan alasan inilah salah satu bahasa arab itu di anggap sulit dan menyeramkan.

Masih banyak peluang pekerjaan jika sudah lulus

Perlu teman teman ketahui. Bawasanya tenaga pengajar bahasa arab di indonesis itu masih langka. Hal itu di karenakan di anggap susahnya belajar memahami bahasa arab. Jadi potensi menjadi pengajar atau dosen itu masih banyak peluangnya. Selain itu juga jika teman-teman tidak ada minat sama sekali menjadi pengajar, masih banyak peluang lainya seperti penerjemah, buka persahaan tour travel umroh, jasa pemandu pariwisata, kerja di kedutaan dan lain sebagainya. 


Tapi saya sendiri dan saya sarankan buat teman teman jangan terlalu memikirkan pekerjaan dulu. Niatkanlah mencari ilmu terlebih dahulu karena Allah SWT. Persoalan pekerjaan nanti sudah ada yang mengatur selagi kita kaya akan ilmu.

Bahasa arab adalah bahasa syurga

Nah ini yang terakhir nih.  jadi kalau masuk syurga nanti tidak perlu khursus bahasa aarab lagi ya. Hayoo, gimana coba buat teman-teman yang tidak bisa bahasa arab Hhhhhhhh 
Oke demikian ya sebagian  alasan mengapa kuliah di jurusan bahasa arab. Buat teman-teman yang mau masuk kuliah tidak usah bingung memilih jurusan, ikuti apa yang berpotensi pada diri teman-teman. Semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang berguna dan sukses.
Semoga Bermanfaat...

Assalamualaikum Wr Wb



0 Response to "ALASAN KULIAH JURUSAN BAHASA ARAB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel