Apa itu pernikahan meurut islam?


Wedding, Love, Happy, Couple, Bride

Dalam agama islam pernikahan mrupakan suatu hal sangat di anjurkan oleh nabi. selain untuk menyempurnakan agama, pernikahan juga bisa menghidari dari segala macam fitnah dan dosa-dosa zina pacaran yang seharyusnya tidak di lakukan olah pemuda-pemudi muslim.

Menikah Menurut bahasa memiliki berarti penggabungan dan percampuran. Sedangkan arti Menikah menurut syariat adalah  suatu akad antara wali dari pihak laki-laki dan wali dari pihak perempuan yang dengan suatu akad tersebut menjadi suatu berhubungan badan menjadi halal.
Nikah berarti akad dalam arti yang sebenarnya dan berarti hubungan badan dalam arti majazi (metafora). Dalam hal itu berdasarkan firman Allah SWT berikut,

  فَانْكِحُوْ هُنَّ بِاِذْنِ اَهْلِهِنَ
 “Karena itu, nikahilah mereka dengan seizin tuan mereka”. (Qs An-nissa :25).

Menurut Al-fara mengatakan “An-nukh” adalah sebutan untuk kemaluan. Di sebut akad karena ia merupakan penyebab terjadinya kesepakatan itu sendiri. Dan sedangkan menurutAl-azhari mengatakan akar kata nikah dalam ungkapan bahasa arab berarti hubungan badan. Menurut syariat nikah ialah akad, sedangkan pengertian hubungan badan itu hanya merupakan metafora saja. Hujjah atau argumentasi atas pendapat tersebut adalah banyaknya pengertian nikah yang terdapat di dalam Al-quran dan Hadits sebagai akad.sebagaimana firman Allah yang artinya “sehingga ia menikah dengan laki-laki lain”  yang di maksudkan ialah sebagai hubungan badan. Karena, syarat hubungan badan yang membolehkan rujuknya seorang suami yang telah menceraikan istrinya hanya di terangkan di sunnah Rasulullah SAW dan tidakdio Al quran. Dengan demikian maka fuirman Allah tersebut adalah sehingga ia menjalin perikatan atau akad. Dengan pemahaman lain bahwa dengan akad tersebut maka penyebab terjadinya kehalalan apa yang di larang.

Sehingga muhammad abu zahrah mendefinisikan “akad yang mengakibatkan hukum halal pergaulan antara lakio-laki dan perempuan dan pertolongan serta pembatasan,. Hak dan kewajiban mereka”.

Abu hasan bin paris mengatakan: nikah tidak di sebutkan di dalam Al-quran, melainkan dengan pengertian kawin. Sebagaimana di dalam firman Allah surat An-nisa ayat 6 yang artinya. “ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin”. 
Yang di maksudkan di dalam ayat tersebut adalah ilmu, demikian menurut ibnu hajar. Dan sedangkan menurut ulama Assyafi’iyah , pada hakikatnya nikah itu berarti hubungan badan dan akad yang di lakukan hanyalah metafora. Ibnu hajar menambahkan “demikian itulah yang menurut pandangan saya tepat, meskipun lebih banyak di pergunakan dalam arti akad”. Sebagian ulama’ mentarjih pengertian yang pertama, yaitu bahwa pengertian jima’ merupakan kinayah yang mengarah pada pengertian yang kurang di senangi (tabu) sehingga cenderung di hindari penggunanya. Jadi pada kesimpulanya nikah itu pada dasarnya berarti akad. 

Demikian pembahasan Apa sih menikah itu. artikel ini penulis ambil dari beberapa buku dan beberapa kitab yang pernah penulis baca. dalam bab pernikahan. walaupun tidak semua penulis cantumkan di artikel ini. apabila ada sebuah kesalahan silahkan berkomentar. jika hal itu benar-benar salah nanti akan penulis edit, karena hal ini adalah berkaitan dengan ilmu agama. 
Sekian semoga bermanfaat :)


0 Response to "Apa itu pernikahan meurut islam?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel