Cara termudah membuat fi'il Ammar

Hai pecinta bahasa arab tau kan apa itu fiil amar?, fiil ammar merupakan kata perintah dalam bahasa arab. Maksudnya kata perintah adalah kata-kata yang berintonasi seperti menyuruh. misalkan kata-kata "pukullah", "makanlah", "berjalanlah" Dan lain sebagainya. Perlu di ketahu juga ya?, Fiil Ammar ini adalah kata-kata kerja. namanya juga Fiil, yang artinya kata kerja. BUkan Isim yang artinya kata benda.

Jadi dalam bahasa arab, Fiil itu di bagi menjadi 3 yaitu fiil madhi, fiil mudhori dan ffil ammar. fiil madhi  adalah kata kerja yang sudah berlalau, kemudian fiil mudhori adalah kata kerja yang sedang di lakukan atau yang akan datang, dan kemudian fiil ammar inilah kata perintah. langsung saja yuk simak cara buatnya di bawah ini.


  1.  Diambil dari fi'il mudhari' format ke tujuh sampai dengan dua belas (7-12) 2. Dibuang huruf mudhara'ahnya
  2. Jika tidak bisa dibaca maka ditambahkan alif ( ) didepan fi'il tersebut
  3. Untuk memberi harakat alif maka dilihat 'ain fi'ilnya a. Jika 'ain fi'il berharakat dhommah maka alif diberi harakat dhommah b. Jika 'ain fi'il brharakat fathah atau kasrah maka 'ain fi'il diberi harakat kasrah
  4. Huruf akhir fi'il dijazamkan
  5. Jika fi'il bisa dibaca setelah membuang huruf mudhara'ahnya maka huruf akhi fi'il tersebutr langsung dijazamkan
  6. Cara menjazamkan fi'il tersebut adalah:


  •  Jika diakhir fi'il itu tidak ada huruf 'illat ( واو,  اٌف dan ٌاء) maka akhir fi'il tersebut ditandai dengan sukun (fi'il berbentuk mufrad laki-laki /orang kedua laki-laki untuk makna satu) 
  • Jika fi'il itu berhubungan dengan wawu jamak, alif tatsniah dan ya' mukhathabah (fi'il berbentuk jamak laki-laki /orang kedua laki-laki untuk makna banyak, fi'il berbentuk mutsanna laki-laki atau perempuan /orang kedua laki-laki atau perempuan untuk makna dua dan fi'il berbentuk mufrad perempuan /orang kedua perempuan untuk makna satu ), maka huruf "nun" yang ada pada fi'il tersebut dibuang atau dihilangkan. 
  • Jika fi'il itu menunjukkan jamak mu'annats maka "nun" yang pada fi'il teresbut tidak perlu dibuang (menetapkan nun).


Demikian cara termudah membuat fiil Ammar dalam bahasa arab semoga bermanfaat.:)

2 Responses to "Cara termudah membuat fi'il Ammar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel